Sukses

Apakah Tertular Gonorrhea?

23 Feb 2017, 08:50 WIB
Pria, 22 tahun.

Permisi dok, saya mau bertanya, tpi sbelumnya saya mau cerita dulu, saya ada penyakit sperti keluar nanah dari kemaluan, saya pikir sbelumnya itu sipilis, tpi stelah saya baca2 dari berbagai sumber trus saya bandingkan ternyata beda, lalu saya simpulkan sendiri kalau itu penyakit gonore, apakah benar itu gonore? Soalnya sbelum keluar nanah, badan saya sperti gatal2 dok, di pangkal paha, di kemaluan, di tangan ada bintik2 kecil gatal, kalau ditekan kluar cairan bening, apakah benar itu penyakit gonore? Stelah aku simpulkan sendiri, aku baca2 dan aku putuskan buat beli obat azithromycin 500 mg, aku minum 2tablet, 2x1 hari, dan syukurnya baru minum sehari, sudah tidak kluar nanah lagi, sudah tidak nyeri saat BAK. Apakah saya sudah sembuh? Dan kalau memang sudah sembuh, apakah bisa kambuh lagi? Dan bagaimana pencegahan lanjutannya? Terimakasih banyak sebelumnya dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Ada gejala khas gonorrhea yang memang terdapat pada Anda, yaitu keluar nanah dari kemaluan dan nyeri saat kencing. Namun gatal di badan yang Anda rasakan tersebut bukanlah ciri-ciri gonorrhea. Ada kemungkinan gatal tersebut merupakan penyakitkulit yang berdiri sendiri (misalnya jamur), atau penyakit yang sama dengan yang menyebabkan keluhan di kemaluan. Untuk itu pemeriksaan secara langsung untuk kelainan kulit adalah jalan yang paling tepat. Untuk gonorrhea, umum dilakukan pemeriksaan swab sekret kemaluan untuk melihat bakteri di bawah mikroskop.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Pasangan seksual juga harus diperiksa dan diobati sesegera mungkin bila terdiagnosis gonore. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual. Antibiotik yang diberikan berupa suntikan 1 jenis antibiotik dengan kombinasi antibiotik oral jenis lain. Rekomendasi pengobatan gonore telah diperbarui dan cara terapi berupa monoterapi dengan azitromisin maupun obat golongan makrolid lain sudah tidak disarankan. Hal ini dikarenakan kejadian resistensi yang tinggi, yang tentunya sukar diobati bila menginfeksi kembali. Adapun dosis yang digunakan untuk obat yang Anda gunakan sebagai pengobatan gonorea juga tidak tepat, karena dahulu penggunaannya adalah dengan dosis besar yang diberikan secara tunggal. Meskipun tampaknya memberikan efek pada Anda, penggunaan antibiotik sebaiknya mengikuti rekomendasi badan kesehatan yang berwenang. Untuk itu kami menyarankan agar Anda memperoleh pengobatan dari dokter.

Walaupun gejala sudah berkurang, pada penggunaan antibiotik yang belum adekuat karena hanya dimakan 2 tablet maka kemungkinan masih belum sembuh total. Bila penggunaan antibiotiknya benar dan dosis tepat maka Anda dapat sembuh sempurna dari gonore. Kekambuhan hanya akan terjadi bila Anda berhubungan seksual kembali dengan penderita gonore, yang menularkan bakteri itu kembali pada Anda. Untuk pencegahannya, karena gonore termasuk infeksi menular seksual maka berhubungan seksual dengan sehat dan aman adalah caranya. Yaitu hindari seks dengan berganti-ganti pasangan, atau gunakan pengaman berupa kondom.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar