Sukses

Solusi Ketika Sulit Melakukan Tambal Gigi Pada Anak

22 Feb 2017, 20:32 WIB
Pria, 3 tahun.

Dok, saya ingin bertanya untuk anak saya usia 3.5 tahun gigi gerahamnya berlubang tapi dia tidak kooperatif jika dibawa ke dokter gigi untuk ditambal, sudah berbagai cara dibujuk tetapi tetap tidak mau. Bagaimana solusi nya ya dok? Untuk prosedur penambalan gigi usia balita seperti itu apakah sama prosedur nya seperti penambalan pada orang dewasa yang memerlukan waktu yang cukup lama?

Halo Selamat malam,

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Memang dalam melakukan perawatan gigi pada anak tidak semudah, melakukan perawatan pada gigi dewasa. Tapi kita tidak mungkin, tidak melakukan penambalan pada gigi yang sudah terlanjur berlubang kan? Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua dan dokter gigi untuk menyiasati agar perawatan gigi menjadi menyenangkan, misalnya dengan ditawarkan hadiah sebagai reward atas kemauannya dalam melakukan perawatan gigi, jangan berikan permen, bisa diganti es krim/susu. Pilih bahan tambalan yang berwarna menarik contoh warna pink, misalnya bahan yang memiliki kandungan bahan dasar glass ionomer. Jenis tambalan ini bisa dilakukan dengan cepat oleh dokter gigi karena cepat mengeras dan warnanyapun menarik bagi anak-anak, sehingga tidak membutuhkan waktu lama di dalam ruang gigi. Serta tidak membutuhkan penggunaan bur seperti pada saat menambal gigi dewasa.

Kami sarankan agar anda berdiskusi kembali dengan dokter gigi anda mengenai jenis pemilihan bahan tambal tersebut agar perawatan gigi dapat dilanjutkan sampai tuntas.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar