Sukses

Bisakah Gigi Miring Rotasi Diperbaiki Dengan Behel?

22 Feb 2017, 20:18 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, gigi depan saya mengalami kelainan posisi, posisinya itu miring` Miringnya itu bukan posisinya yang bengkok, tapi bagian depan gigi tersebut malah memutar kesamping. Supaya dokter punya visualisasi, andaikan gigi depan yang normal itu seperti telapak tangan yang menghadap ke dokter dan pengandaian posisi gigi saya itu, telapak tangan tadi diputar sehingga jempol menghadap ke wajah. Pertanyaan saya, masih bisakah gigi saya itu diperbaiki dengan menggunakan behel ? Dan kira - kira butuh berapa lama untuk memperbaikinya ?

Halo Yudha,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan penjelasan yang anda sampaikan, kami menduga bahwa posisi gigi anda mengalami rotasi. Untuk memulai Perawatan dengan menggunakan kawat gigi (behel) memerlukan pemeriksaan awal yaitu pembuatan studi model dengan cara pencetakkan, yang digunakan sebagai pengukuran sehingga dapat ditentukan apakah memerlukan pencabutan atau tidak. Pemeriksaan rontgen Panoramic juga diperlukan untuk melihat keadaan gigi dan akar gigi serta tulang disekitar gigi. Jika memerlukan ruangan untuk memundurkan gigi, pada umumnya yang dicabut adalah gigi Premolar 1 yaitu satu gigi dibelakang gigi taring. Namun ketentuan ini masih dapat dipertimbangkan lagi melihat kondisi gigi dari pasien tersebut.

Untuk memutar posisi gigi yang rotasi tentunya diperlukan alat ortho tambahan (asesoris), namun dengan keahlian dokter gigi dan kedisiplinan anda sebagai pasien, kemungkinan gigi tersebut bisa berputar arah, ke arah yang diinginkan. Lamanya perawatan bergantung pada tingkat kesulitan masing-masing kasus, dan juga keahlian operator dalam membuat rencana perawatan dan menentukan material apa yang akan digunakan. Minimal jangka waktu pemakaian adala 2 tahun dengan catatan, pasien kooperatif dengan jangka waktu control 2-3 minggu, kasus ringan hingga tidak memerlukan asesoris tambahan. Jika pada kasus anda memakai alat ortho tambahan, kemungkinan bisa membutuhkan beberapa bulan lagi untuk menyelesaikan perawatan. 

Semoga jawaban kami dapat membantu anda,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar