Sukses

Bayi ASI Buang Air Besar Lebih Sering

22 Feb 2017, 09:05 WIB
Wanita, 1 tahun.

Mengapa ya dok bayi saya berumur 1 bulan 4 hari fesesnya berbusa berwarna kuning cerah berampas sedikit biji dan dominan cair, apakah normal..? Karena sudah 2 Minggu seperti itu BAB ny dlm satu hari lebih Dr 5X, Karena sekarang ful asi dulunya asi campur sufor Mohon penjelasan ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai bayi Anda bab sering pasti sangat mengganggu Anda.

 

Bayi dengan ASI eksklusif yang berusia 0-3 bulan akan mengalami buang air besar (BAB) rata-rata 4-10 kali sehari. Hal ini wajar terjadi karena bayi belum mempunyai kemampuan untuk mengontrol sistem pencernaannya sehingga menyebabkan bab sering.

Namun, bisa saja bayi baru lahir mengalami BAB hanya 2-3 hari sekali. Tapi ini pun masih tergolong normal.

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, sistem pencernaannya akan bekerja semakin baik. Apalagi pada usia 6 bulan, ia sudah mulai mengonsumsi makanan lain selain ASI. Sehingga frekuensi BAB dan konsistensi feses akan menyesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi.

Tidak ada yang perlu dirisaukan –selama BAB bayi Anda yang baru lahir tidak bercampur dengan darah atau lendir, masih ada ampasnya, dan tidak demam. Segera bawa ke dokter jika BAB bayi Anda hanya berupa air saja, disertai darah atau lendir, serta demam dan rewel sepanjang hari.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar