Sukses

Panduan Merawat Orang Sakit Di Rumah

22 Feb 2017, 12:22 WIB
Wanita, 22 tahun.

pasien Bapak Umur 80 tahun, Diagnosa Hipoglikemia, dan penurunan kesadaran, terpasang NGT dan kateter.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Ibu yang terhormat, kami memahami kekhawatiran Anda. Merawat orangtua yang sakit dengan kondisi seperti yang Ibu ungkapkan memang tidak mudah. 

Pasien yang terus menerus berbaring sangat berisiko mengalami infeksi paru dan luka pada punggung akibat penekanan terus menerus karena berbaring lama. Untuk mencegah hal tersebut, orang yang berbaring terus menerus, harus dimiringkan ke kanan dan ke kiri setidaknya setiap 2 jam sekali. Caranya, miringkan ayah Anda ke kiri selama sekitar 15-30 menit,tahan dengan tangan Anda. Kemudian miringkan ke kanan dengan waktu yang sama. 

Lalu usahakan supaya ayah Anda mendapat sinar matahari setiap pagi.

Untuk makanan, diberikan lewat NGT setiap 4-6 jam agar tidak hipoglikemia. Pastikan makanan dimasak dengan higienis. NGT sebaiknya diganti paling lambat setiap 2 minggu.

Anda perlu memberi perhatian khusus terhadap kateter karena kateter dapat menjadi jalan masuk kuman. Oleh karena itu, selang kateter harus diganti oleh dokter setiap 1-2 minggu untuk mencegah infeksi.

Merawat orangtua dengan kondisi penurunan kesadaran butuh keterampilan khusus. Bila memungkinkan, kami sarankan Anda untuk dapat meminta bantuan perawat homecare untuk membantu perawatan ayah Anda. Bila perlu, sebaiknya ada dokter yang dapat melakukan kunjungan berkala ke rumah untuk memeriksa kondisi ayah Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar