Sukses

Perihal kandungan

21 Feb 2017, 16:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Maaf dok sya mau nanya perihal kandungan, sblumnya kan tgl 25/26 januari sya kguguran, kluar gumpalan sgala, cman ko sampe sekarang tgl 21 februari saya terus merasakan mual mlah tambah2 mualnya bbrapa kali sampe muntah, apakah khamilan sya masih brlanjut dok? Atau itu sebab dari masih inkomplit kgugurannya? Apa ada obat pembersih dok untuk itu? Soalnya saya blum siap kuret dok... Mohon bantuannya terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Saat seseorang mengalami abortus inkomplit dan tidak menjalani kuret, maka sisa jaringan dalam rahim dapat menyebabkan infeksi, nyeri perut, dan perdarahan dari kemaluan yang tidak normal. Untuk itu tindakan kuretase sangat penting dilakukan.

Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Dalam kasus Anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang semisal USG untuk mengetahui apakah masih terdapat sisa jaringan atau tidak. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar