Sukses

Tulang Leher Menonjol dan Nyeri

21 Feb 2017, 11:51 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok sya mau tanya, diusia 22 thn ini tulang leher sya ada melengkung ke depan dan kadang terasa tidak nyaman bahkan nyeri sakit Kira2 penyebabnya apa ya dok dan mengatasinya? Trima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan tulang leher menonjol Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Untuk mendiagnosis benjolan atau tonjolan, selain wawancara medis mendetil juga dibutuhkan pemeriksaan fisik yang lengkap untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain perlu kami ketahui: ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan dan kekerasan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat atau tetap, kondisi daerah sekitar benjolan, dll.

Bagaimana dengan Anda? Bagaimana rasa sakitnya (berdenyut atau seperti ditekan benda berat)? Kapan saja rasa sakit dirasakan? 

Banyak yang dapat menyebabkan tulang leher menonjol. Salah satu yang mungkin terjadi pada Anda adalah tulang leher menonjol karena saraf terjepit atau HNP.

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) atau saraf terjepit adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus, seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, latihan atau olah raga terlalu berat, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher). 

Bila bagian yang bermasalah adalah tulang belakang bagian punggung Anda maka rasa sakit akan dirasakan di salah satu bagian dari kaki, pinggul, atau bokong. Sakit dapat menjalar atau disertai kesemutan atau rasa kebas di daerah tersebut sampai ke betis dan telapak kaki. Dapat juga dirasakan rasa lemas/lemah pada kaki tersebut.

Bila bagian yang bermasalah adalah tulang belakang bagian leher Anda, Anda mungkin mengalami nyeri ketika leher bergerak, nyeri yang tajam di dekat atau di atas tulang belikat, atau rasa sakit yang menjalar ke lengan atas, lengan bawah, dan jari-jari tangan. Di sepanjang bahu, siku, lengan, dan jari-jari dapat terasa kesemutan atau kebas.
Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah.

Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan anti-nyeri maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf dan ortopedi dan memang terkadang tindakan operasi diperlukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar