Sukses

Pembesarn konka hidung

21 Feb 2017, 13:29 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamualaikum dokter nama sy rosita saya ingin bertanya tentang masalah hidung. Disini sy memiliki keluhan konka saya biasanya membesar dan mengecil baik itu yang kiri maupun yg kanan . Ketika konka membesar sedikit sy merasakan hidung agan tersumbat. Tetapi karena konka membesar dan mengecil hidung sy tidak aelalu tersumbat terus menerus. Tapibsaya belum ke dokter. Dan badan saya agak panas . Gejala tersebut sudh berlangsung 1 minggu. Menurut dokter itu saya harus ke dokter atau fokter tht? Terimakasih dokter

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Konka Hidung merupakan struktur/organ yang normal ada pada hidung bagian dalam. Terdapat 3 Konka pada masing-masing hidung. Konka merupakan tonjolan tulang-tulang yang membentuk hidung bagian dalam dan dilapisi oleh mukosa.

Konka biasanya mengalami pembengkakan apabila terjadi peradangan pada rongga hidung. Peradangan sendiri dapat terjadi akibat proses alergi, infeksi, atau cedera pad hidung.

Agar konka kembali mengecil perlu terlebih dahulu dasar penyebab pembengkakan tersebut. Apabila karena proses alergi, maka dilakukan terapi terhadap alergi yang terjadi. Demikian pula jika penyebabnya adalah infeksi atau cedera, atau penyebab lainnya.

Berbeda dengan polip nasi, yaitu kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening karena mengandung banyak cairan. Pada polip nasi, apabila ukurannya besar (sehingga menyebabkan kelainan pada hidung) atau tidak respon terhadap obat-obatan, maka perlu dipikirkan tindakan pembedahan untuk mengatasinya.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar