Sukses

Infeksi Jamur pada Kuku

21 Feb 2017, 11:51 WIB
Wanita, 30 tahun.

Halo dokter, Saya ingin tanya saya umur 30 tahun kena jamur pada 4 kuku. Warna nya sperti putih susu ketimbang kuning. Ada yang sampingnya berwarna hitam. Kemudian mama saya umur 58 tahun lebih parah kukunya berwarna kuning, hitam dan tebal. Mama saya minum obat untuk tekanan darah tinggi biopress plus 16 dan alergi penicilin. Apa anjuran dari dokter untuk kami? Obat oral apa yang bisa kami minum supaya bisa tuntas jamurnya? Apa aman untuk mama saya? Dan mungkin obat salep juga? Terima kasih dokter sebanyak banyaknya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda dan ibu Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Bentuk kuku dari penjelasan yang Anda berikan dimana kuku berubah warna menjadi hitam bisa saja disebabkan oleh adanya infeksi jamur pada kuku. Namun selain akibat infeksi jamur, masih dapat disebabkan oleh penyakit kulit lainnya.

Dalam dunia kedokteran infeksi jamur pada kuku dikenal sebagai onikomikosis. Selain kuku menjadi bergelombang, infeksi jamur pada kuku juga dapat menyebabkan kuku berubah warna menjadi agak kekuningan atau keputihan, kuku menjadi rapuh, mudah mengelupas dan lebih kusam. Infeksi ini memang lebih sering mengenai kuku kaki.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.

Mohon maaf dikarenakan keterbatasan kami yang tidak dapat melihat secara langsung kelainan pada kuku Anda dan ibu Anda maka sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis yang pasti. Terlalu dini untuk menyatakan bahwa Anda mengalami infeksi jamur pada kuku Anda dan ibu Anda tanpa pemeriksaan langsung.

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap kuku Anda dan ibu Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar