Sukses

Olahraga Penderita Asma

21 Feb 2017, 12:49 WIB
Pria, 21 tahun.

Mau tanya dok. Tips agar kuat dan tahan lama dalam berlari bagi penderita asma bagaimana ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Pada dasarnya, asma merupakan suatu reaksi alergi yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu yang individual. Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang memicu kekmabuhan asma Anda dan menghindarinya untuk mencegah kekambuhan.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan:

Seberapa sering asma Anda kambuh?
Seberapa sering Anda mengalami serangan asma pada malam hari?
Apakah Anda memiliki pengobatan rutin?
Apakah Anda mengetahui faktor pemicu munculnya asma Anda?
Bila Anda sudah memiliki pengobatan maka Anda perlu mengkonsumsi obat-obatan Anda. Bila asma Anda kambuh, dan berat, Anda harus mengunjungi dokter untuk pengobatan inhalasi segera. Dokter akan mengevaluasi kondisi dan derajat asma Anda dan memberikan obat yang sesuai, termasuk obat pengendali asma yang diperlukan pada penderita asma sedang-berat.

Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma. Olah raga yang ringan dapat membantu meningkatkan stamina Anda, contohnya renang dan yoga. Namun, pada beberapa orang terlalu lelah dapat juga mencetuskan serangan asma sehingga olah raga yang terlalu berat tidak dianjurkan. Hal ini sangat bergantung pada derajat asma Anda. Saran kami sebaiknya Anda mengonsultasikan hal ini kepada dokter spesialis gizi klinik untuk mengatur pola diet dan olahraga Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal tanpa terganggu dengan asma Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar