Sukses

Cara mengatasi kecanduan seks

21 Feb 2017, 10:25 WIB
Pria, 26 tahun.

Cara mengatasi kecanduan seks

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Halo...

Terima kasih telah mempercayakan permasalahan Anda kepada Kami. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kecanduan sex merupakan suatu kelainan perilaku yang dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti gangguan kesehatan fisik, mental, kehidupan sosial dan ekonomi. Menurut penelitian, kelainan struktur kimiawi pada otak orang pecandu seks sama dengan otak pada pecandu judi.

Sebetulnya semuanya berasal dari pikiran. Anda dapat mengalihkan pikiran Anda dari aktivitas seksual dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti beribadah, belajar, bekerja, kursus, berkumpul bersama keluarga, teman, dll.

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari).

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, berpuasa, beribadah, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi.

Namun jika cara tersebut masih belum berhasil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter psikiater. Psikiater dapat memberikan terapi yang bersifat psikososial seperti cognitive-behavioral therapy maupun terapi obat. Yang pasti, diperlukan kemauan yang kuat dari pasien untuk dapat menghilangkan kecanduannya.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan.

Semoga bisa membantu Anda mengurangi keinginan Anda untuk melakukan seks.

    0 Komentar

    Belum ada komentar