Sukses

Bila Anak Demam Sudah 3 Hari

21 Feb 2017, 01:12 WIB
Pria, 2 tahun.

Dok, saya mau tanya anak saya 1tahun 11bulan sudah 3 hari ini panasnya naik turun disertai batuk pilek, sudah saya beri obat "paratusin pe" 3 ×1 sehari 5ml, kepala lebih sering panas walau kadang badannya tidak panas, juga susah makan maunya minum ASI saja. Trus ginama ya dok? Saya mau priksa semua klinik dekat rumah saya tutup semua, adakah penanganannya dirumah??

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Demam merupakan reaksi normal tubuh yang bermanfaat melawan kuman. Obat penurun panas tujuannya lebih untuk membuat anak merasa nyaman (agar mau minum, makan, tidur lebih baik) dan mengurangi kecemasan orangtua, bukan untuk mempertahankan suhu yang normal. Parasetamol merupakan pilihan pertama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri.

Pemberian obat penurun panas diindikasikan untuk anak demam dengan suhu 38C (pengukuran dari lipat ketiak). Dengan menurunkan suhu tubuh maka aktivitas dan kesiagaan anak membaik, dan perbaikan suasana hati (mood) dan nafsu makan juga semakin membaik.

Saat anak Anda demam, perhatikan aktivitasnya secara umum, apakah masih bisa bermain, makan minum dengan baik, dan perhatikan buang air kecilnya setiap 3-4 jam. Jika anak Anda tertidur lelap, tidak perlu membangunkannya untuk diberikan obat penurun panas.

Selain obat penurun panas, terapi seperti kompres hangat dan banyak minum dapat membantu menurunkan panasnya.

Bila demam sudah lebih dari 3 hari, sebaiknya anak dibawa ke dokter. Bila perlu, dilakukan pula pemeriksaan darah.

Bila demam terus berlanjut, suhu semakin tinggi, anak lebih sering tidur, malas minum dan buang air kecil semakin jarang, segera bawa ke dokter, tidak perlu menunggu hingga 3 hari.

Pada kasus anak Anda, kemungkinan mengalami infeksi saluran nafas biasa akibat virus. Namun, untuk memastikan penyebabnya, periksakan anak Anda ke dokter anak.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Bagaimana Cara Mengatasi Demam pada Anak?

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)


Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar