Sukses

Nyeri Tulang Belakang?

21 Feb 2017, 04:12 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok,saya di diagnosa berdasarkan hasil foto rontgen tulang belakang pertengahan tahun 2006 diindikasikan syaraf terjepit pada ruas L5S1. Dan saya juga sempat terapi atas saran dokter spesialis saraf. Akan tetapi s.d saat ini masih merasakan nyeri pada bagian tersebut diatas meskipun tidak sampai mengganggu aktifitas sehari hari. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah pengobatan syaraf terjepit hanya dengan melakukan tindakan bedah? 2. Resiko apa ketika saya bermaksud untuk mengobati dengan cara dibedah? Terima kasih atas perhatiannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri pada tulang belakang merupakan keluhan yang umum ditemui. Namun penyebab nyeri tersebut dapat sangat bervariasi, mulai dari gangguan pada tulang belakang sampai dengan gangguan pada organ dalam perut.

Nyeri pada tulang belakang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling sering ditemukan adalah terjadinya nyeri yang diakibatkan oleh ketegangan otot, yang dapat hilang dengan istirahat. Adapun, beberapa penyebab nyeri punggung lainnya yang dapat terjadi mencakup:

Herniasi Nukleus Pulposus (HNP)
Tulang belakang manusia memiliki bagian bantalan antar tulang (diskus intervertebra). Bantalan antar tulang belakang ini memiliki komponen inti berupa nukleus pulposus yang dapat keluar karena adanya insiden, misalkan pada penggunaan beban yang berlebihan. Keluarnya nukleus pulposus dapat menyebabkan penekanan pada serabut saraf dan bedampak pada keluhan sakit punggung.

Spondilolistesis
Spondilolistesis adalah pergeseran dari tulang belakang. Tulang belakang manusia seharusnya saling menumpuk satu diatas yang lainnya. Pergeseran tulang belakang ini dapat terjadi karena berbagai hal, misalkan terjadinya trauma atau cedera pada tulang belakang. Penderita spondilolistesis akan mengeluhkan adanya sakit pada punggung.

Batu Saluran Kemih
Selain kelainan pada struktur tulang belakang, salah satu penyebab sakit punggung adalah adanya sumbatan pada saluran kencing. Sumbatan pada saluran kencing akan menyebabkan keluhan sakit pada daerah perut dan pinggang yang hebat atau biasa disebut kolik abdomen.

Mengingat pentingya wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung, guna menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar