Sukses

Nyeri Pinggang dan Anyang-Anyangan

21 Feb 2017, 04:11 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya sudah 2 hari mengalami sakit pada pinggang belakang, sebelum pinggang bagian belakang sakit, saya sering sekali buang air kecil (dengan warna urine keruh kecoklatan) terkadang kaki atau jari-jari pada tangan saya bengkak, dan juga kadang saya merasa wajah saya membengkak. Selama dua hari ini untuk bangun dari tempat tidur atau merubah posisi badan di tempat tidur rasanya sakit sekali dipinggang dan terasa berat di badan bagian kiri. Untuk berjalan, saya merasa berat pada pinggang kiri kebawah dan kaki bagian kiri. Apakah ini hanya sakit pinggang biasa Dokter?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dapat menjadi gejala dari beberapa jenis penyakit. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Selain itu, gejala lain dari infeksi saluran kemih adalah nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas. Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya? Apakah sudah pernah dilakukan pemeriksaan urin? Penanganan pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Apabila dengan minum banyak masih juga mengalami gejala, maka kunjungilah dokter kembali karena kemungkinan Anda membutuhkan antibiotik. Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anda selalu minum 1,5-2L/hari dan tidak menahan berkemih. Namun, selain ISK, masih ada beberapa penyebab lain dari anyang-anyangan.

Terkait dengan keluhan nyeri pinggang Anda, ada banyak kemungkinan faktor yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada pinggang, termasuk otot, saluran cerna, ginjal, dan lain-lain. Kami membutuhkan informasi lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan dirasakan, apakah terus-menerus atau hilang timbul, apakah ada faktor-faktor tertentu yang memicu timbulnya nyeri, apakah ada faktor-faktor yang meredakan nyeri, dan sebagainya.

Maka dari itu, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar