Sukses

Minuman Berkalori Untuk Menambah Berat Badan

21 Feb 2017, 01:12 WIB
Pria, 23 tahun.

saya mau tanya, apakah dengan minum slim&fit bisa menaikkan berat badan ? karena saya minum slim&fit pagi di jam 8, makan siang di jam 12 dan minum slim&fit sore di jam 5, kadang sehari minum 1pcs (malam saja), dan masih suka ngemil sedikit (kue/snack ringan sebanyak 2), saya berasa tangan saya bertambah besar. padahal saya hanya makan snack sedikit. apakah slim&fit tidak bekerja jika masih konsumsi snack sedikit dipagi dan sore hari ataukah jarak jam mengkonsumsi slim&fit ke jam makan dan jam makan ke minum slim&fit disore hari terlalu dekat ?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Minuman yang Anda maksud sebenarnya ditujukan untuk menurunkan dan menjaga berat badan dalam rentang ideal. Kandungan utamanya ialah protein dan serat. Makanan atau minuman yang tinggi protein dan serat bertujuan agar tubuh mendapat asupan kalori tinggi namun tidak diubah menjadi lemak, melainkan menjadi massa otot. 

Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan, minuman ini kurang cocok karena kurang berkalori. Minuman ini nantinya cocok Anda konsumsi setelah berat badan ideal tercapai. Tujuannya agar berat badan Anda tidak semakin bertambah hingga berlebihan.

Prinsip utama dalam meningkatkan berat badan ialah energi yang masuk harus lebih banyak daripada yang keluarkan.

Berikut ini adalah beberapa saran sehat untuk menjadi gemuk namun tetap sehat:

1. Makan lebih sering. Pada saat masih underweight, tubuh akan cenderung cepat kenyang. Karena itu, makanlah lebih sering 5-6x sehari dengan porsi kecil dibandingkan makan dengan porsi besar 2-3x sehari.
2. Pilih karbohidrat yang kaya nutrisi. Pilih roti gandum yang kaya vitamin B dan sereal/biji-bijian seperti oatmeal/havermut, banyak makan buah dan sayur.
3. Makan banyak sumber protein. Sumber protein seperti daging merah, ayam, ikan, telur, dairy products seperti keju dan susu full cream, serta kacang-kacangan. Produk suplemen yang mengandung protein whey juga dapat membantu.
4. Minumlah smoothies/shakes/yoghurt (dari susu/buah). Hindari konsumsi minuman kemasan yang tinggi kalori namun tidak ada kandungan gizinya.
5. Jangan minum air putih sebelum makan. Bagi sebagian orang, minum air putih sebelum makan akan mengurangi rasa lapar sehingga makan lebih sedikit.
6. Perbanyak snack berkalori tinggi. Snack yang dianjurkan seperti keju, buah-buah berkalori tinggi (alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, yoghurt.
7. Tetap batasi konsumsi gula tambahan dan lemak. Sekalipun Anda underweight, tetap batasi konsumsi gula tambahan dari gula pasir, minuman kemasan dan makanan siap saji lainnya.
8. Makanlah protein terlebih dahulu sedangkan sayur terakhir. Jika terdapat berbagai jenis makanan di piring Anda, makan terlebih dahulu yang padat kalori dan tinggi protein. Makanlah sayur terakhir, sebab sayur akan membuat cepat kenyang.
9. Suplemen kreatin. Konsumsi suplemen yang berisi kreatin monohidrat dapat membantu meningkatkan BB. Perlu diperhatikan agar konsumsi suplemen ini tidak berlebihan supaya tidak membebani hati dan ginjal.
10. Olahraga. Olahraga jenis strength training, akan membantu meningkatkan BB dengan membentuk otot. Olahraga juga akan meningkatkan nafsu makan.
11. Pastikan tidur Anda berkualitas. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan otot.
12. Jangan merokok. Perokok cenderung memiliki BB yang lebih kurang daripada bukan perokok. Berhenti merokok juga berhubungan dengan peningkatan BB.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)


Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar