Sukses

Bentol Kemerahan di Badan

21 Feb 2017, 01:12 WIB
Pria, 60 tahun.

dok, saya bintul bintul di badan, merah-merah gitu, bisa dibantu ?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari cerita Anda, sepertinya tubuh Anda mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu. Perlu dicari apa pemicunya. Alergi itu bisa terhadap debu atau tungau debu rumah maupun zat-zat alergen lainnya. Reaksi alergi yang seperti ini disebut dengan urtikaria /biduran/kaligata. Kondisi ini tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Anda tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Urtikaria memiliki ciri kulit kemerahan atau pucat dan sedikit menonjol dari permukaan kulit. Juga bisa didapati rasa gatal dan nyeri serta rasa panas pada bagian kulit yang mengalami urtikaria. Urtikaria dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan antialergi yang mengandung antihistamin maupun steroid. Contoh kandungannya ialah loratadine/cetirizine/CTM untuk antihistamin dan dexametason untuk steroid.

Yang terlebih penting daripada obat-obatan ini adalah menghindari apa pencetus bentol-bentol merah pada badan tersebut. Obat-obatan tersebut hanya mengobati gejala dan bukan penyebabnya.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar