Sukses

Normalkah Keputihan yang Encer Seperti Air?

20 Feb 2017, 22:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalamu alaikum , selamat siang dok. Aku mau tanya. Aku baru pertama kali mengalami keputihan encer seperti air. Tapi tidak ada rasa gatal dan bau. Itu kenapa yah dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri berwarna putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi oleh bakteri, jamur ataupun parasit.

Keputihan pada wanita sering menimbulkan kekhawatiran. Keputihan sebenarnya merupakan mekanisme "pembersihan" dalam sistem reproduksi wanita. Cairan yang dihasilkan oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim ini membawa keluar sel-sel mati dan bakteri sehingga vagina tetap bersih dan bebas infeksi.

Seringkali, keputihan merupakan hal yang normal. Keputihan yang normal berwarna bening hingga putih keruh dan/atau kekuningan jika menempel pada pakaian dalam, tidak berbau dan tidak menimbulkan keluhan seperti gatal atau rasa tidak nyaman.

Perubahan pada keputihan yang normal ini dapat disebabkan oleh siklus menstruasi, stres psikologis/emosional, status gizi, kehamilan, dan penggunaan obat-obatan (termasuk pil KB).

Bila terdapat perubahan pada warna dan jumlah cairan keputihan, mungkin itu merupakan tanda infeksi jamur/bakteri/parasit di dalam vagina. Gejalanya ialah:

Keputihan disertai gatal-gatal, kemerahan, rasa perih/nyeri
Volume keputihan banyak dan makin bertambah jumlahnya
Rasa terbakar/panas/perih saat BAK
Keputihan berwarna putih susu dan sangat kental
Warna cairan keabu-abuan/kuning kehijauan dengan bau yang menyengat (asam atau amis)

 

Pada kasus Anda, apakah keputihan encer ini terjadi sebelum haid dimulai? Bila iya, itu merupakan hal yang normal. Jika terjadi di luar siklus haid pun masih dianggap normal selama tidak ada ciri-ciri keputihan abnormal seperti yang disebutkan di atas.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

2 Komentar

  • Erf******i

    Oiya dok... diliang vagina saya ada benjolan seperti bakso. Sudah beberapa bulan ne.. tapi tidak sakit. Ketika berhubungan juga tidak sakit. Penyakit apa itu dok...

  • Erf******i

    Salam dokter... saya baru kali ini mengalami keputihan encer seperti air. Pasca haid 5 hari kluar cairan bening seperti air sudah 5 hari masih ada. Apa itu normal? Saya takut karena saya juga ada riwayat kista