Sukses

Bekas Gigitan Serangga pada Bayi, Dapatkah Hilang?

20 Feb 2017, 22:39 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau tanya.anak saya sekarang usia 5 bulan.anak saya sering digigit serangga dan bekas gigit an tersebut membekas pada kulit..sampai rata kaki kiri kanan sama tangan..itu bahaya tidak dok.apa bayi saya termasuk memiliki kulit sensitif.dan bagaimana cara menghilang bekas tersebut..atau nanyinya akan hilang sendirinya.saya khawatir tidak hilang dok.terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari informasi yang ada, nampaknya bayi Anda mengalami yang disebut dengan "prurigo". Penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

  • Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen), faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
  • Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain.
  • Faktor hormon / endokrin.
  • Alergi makanan dan obat.
  • Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik.
  • Anemia defisiensi besi.
  • Riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.


Karena penyebabnya belum diketahui dengan pasti, maka pengobatan hanya ditujukan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang ada dan menghindari hal-hal tersebut di atas yang berkaitan dengan timbulnya prurigo. Pengobatan yang sering diberikan adalah steroid baik secara topikal (oles) maupun injeksi pada lesi, antihistamin (mengurangi gatal), bahkan penggunaan obat antidepresi.

Penderita prurigo biasanya memiliki kecenderungan alergi dan kulit yang sensitif. Demikian pun dengan bayi Anda, yang dapat Anda lakukan adalah:

Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa
Gunakan lotion anti nyamuk yang berbahan aman untuk bayi atau gunakan pelembab kulit untuk bayi; Kulit yang kering akan mudah iritasi dan lebih sensitif
Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
Biasakan bayi Anda untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya terutama di jam tidur malam

Bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Bekas kehitaman ini tidak berbahaya namun biasanya menganggu secara estetika. Jika bekas kehitaman ini mengganggu sebaiknya segera konsultasikan ulang dengan dokter kulit atau dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar