Sukses

Kaki Gemetar Ketika Berdiri

20 Feb 2017, 22:37 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dokter saya mau tanya, kenapa kalau saya berdiri lama-lama dan sedang cemas atau terburu-buru kaki sebelah kiri saya selalu bergoyang- goyang? Tidak hanya berdiri , tetapi saat duduk juga. Dan juga kenapa saat saya jongkok terlalu lama, ketika saya berdiri pandangan saya langsung buram dan menghitam? Tolong dijawab ya dok..

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari riwayat singkat keluhan yang Anda alami, mungkin Anda mengalami yang disebut dengan Orthostatic Tremor (OT). Kondisi ini merupakan tremor (getaran) yang terjadi ketika seseorang berada dalam posisi berdiri tegak. Kondisi ini jarang terjadi dan salah satu ciri khasnya adalah kontraksi ritmis pada otot-otot kaki yang terjadi segera setelah seseorang berdiri. Gejala ini umumnya akan berhenti ketika orang tersebut duduk atau berjalan.

Gejala OT dapat juga muncul pada saat seseorang mengalami nyeri, kelelahan, dan sedang stress/cemas.

Setiap orang memiliki variabilitas gejala OT, ada yang ringan hingga berat. Seiring berjalannya waktu, berat ringannya gejala ini pun berubah-ubah. Pemicunya pun belum tentu selalu sama dan bagian tubuh yang mengalami tremor bisa lebih dari satu bagian, tidak hanya kaki, namun bisa juga tangan, lengan, wajah, dan bagian lain. Pada kasus Anda, kondisi ini terjadi pada saat berdiri lama dan hanya pada satu kaki.

Hingga saat ini, belum diketahui pengobatan untuk mengatasi OT, namun ada obat-obat yang dapat mengurangi gejalanya. Obat-obatan ini hanya dapat diberikan oleh dokter saraf sebab penggunaannya sangat terbatas.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter saraf terkait tremor ini. Agar diketahui apakah ini memang OT/ET atau ada kondisi lain yang mendasari. Jika ada kondisi lain yang mendasari, lebih mungkin untuk diobati.

Kemungkinan kondisi lain dari OT adalah essential tremor (ET). Namun untuk ET, biasanya dimulai dari bagian tangan kemudian menyebar ke lengan, kepala, suara, dan bagian tubuh lainnya. 

Terkait pandangan buram dan menghitam ketika Anda berubah posisi dari jongkok ke berdiri disebut dengan hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan saraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)


Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar