Sukses

Minum Banyak, BAK Sedikit

20 Feb 2017, 14:58 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya. Baru2 ini saya sedang sakit, lalu saya pun minum yang banyak. Tapi anehnya kenapa kencing saya sedikit padahal minumnya cukup banyak, ditambah lagi susahnya bab dan kentut. Jadi itu kenapa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut? apakah Anda rasakan setiap hari? bagaimana frekuensi BAK Anda, apakah sering tapi jumlahnya sedikit atau jarang dan jumlahnya sedikit pula? bagaimana dengan urin Anda, apakah terlihat keruh atau berbusa? bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, apakah Anda banyak mengeluarkan keringat? Saat ini keluhan anda tidak spesifik untuk suatu penyakit dan bisa terjadi akibt banyak penyebab. Salah satunya jika anda banyak berkeringat. Namun, jika menimbulkan rasa khawatir, tidak ada salahnya anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat. Jika diperlukan, dapat dilakukan pemeriksaan urinalisa untk melihat kondisi urin anda.

Sulit BAB dan buang angin kemungkinan disebabkan karena dispepsia atau gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan membatasi makanan yang merangsang lambung serta beberapa obat pencernaan. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena tubuh yang kurang fit, istirahat kurang, makan tidak teratur, jarang berolahraga, dan stress. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan disarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup (6-8 jam/hari), olahraga rutin (3-5x/minggu), serta hindari stress.

Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan saran terapi yang Anda tanyakan tanpa adanya kepastian diagnosis. Untuk mendapatkan kepastian diagnosis dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter terdekat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar