Sukses

Atasi Nyeri pada Lambung Anda

20 Feb 2017, 14:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam dok.. mau tanya sdh beberapa lama dada sya suka skt nyeri dan kaya di tusuk2, kepala sya suka sakit kadang jga sktx dri leher ke atas kpla, kadax jga klo skt dada ku biasa blkang jga kaya di tusuk2, kaya susah utk menelan dan seperti ada lendir yg trtinggal di leher, biada jga cara bernafas sya berbeda malah kaya makin cpt dok.. rasa sakit yg saya alami ini trmksd parah atau sya sbnarx sakit pa dok ???

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kemungkinan nyeri yang Anda rasakan berkaitan dengan saluran pencernaan karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. GERD (Gastroesophageal Refluks Disease) merupakan suatu keadaan dimana asam lambung keluar dari organ lambung dan menyebabkan keluhan seperti rasa terbakar di ulu hati, mual atau bahkan bisa menyebabkan bau mulut. Walaupun belum dapat dijelaskan hubungan pastinya, keluhan lambung juga dapat menyebabkan keluhan tidak spesifik seperti sakit kepala. Bila benar terdiagnosa dengan GERD, obat yang dikonsumsi misalnya golongan PPI ataupun H2 blocker paling tidak dikonsumsi selama 4 minggu.

Pengobatan GERD meliputi banyak hal. Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:

1. Obesitas dan kelebihan berat badan cenderung berkaitan dengan GERD. Pengurangan Berat Badan sering membantu dalam mengurangi gejala GERD. Saat ini berapa berat badan dan tinggi badan Anda?

2. Perokok adalah pada risiko yang lebih tinggi GERD. Berhenti penggunaan tembakau membantu pasien dengan GERD.

3. Pasien dianjurkan untuk makan dengan porsi sedikit namun sering  daripada makan besar tiga kali sehari. Makanan terakhir  minimal 4 jam sebelum tidur. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.

4. Makanan dan minuman lain memicu termasuk alkohol, kopi, cokelat, tomat, atau makanan berlemak atau pedas.

5. Menghindari mengenakan pakaian ketat terutama di sekitar perut.

6. Tinggikan ujung kepala tempat tidur Anda sekitar 20 cm (8 inci).

7. Pasien pada obat-obatan yang meningkatkan risiko GERD disarankan untuk menghindari obat yang meningkatkan produksi asam lambung.

Kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan Anda karena keterbatasan kami tidak melakukan pemeriksaan fisik langsung. Coba konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik langsung terhadap diri Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar