Sukses

Flu demam panas dingin dan batuk

20 Feb 2017, 13:37 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya panas dingin batuk pilek hidung tersumbat sudah 3 hari dok, sudah minum parasetamol pagii udh agak baikkan dok pass sore mulai panas Dok Klo saya gerakkan bola mata ketas, mata saya terasa sakit dok apa lagi liat ke kiri dan kanan, Saya tidak rasa mual atau pusing cuman klo geleng" kepala terasa pusing dok, Mohon bantuannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, Kami memahami kekhawatiran Anda.

Gejala yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh sebuah kondisi bernama sinusitis.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara.

Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Gejala sinusitis dapat dirasakan sebagai sumbatan hidung, gangguan penghidu, nyeri kepala, nyeri wajah terutama bagian sinus yang terkena, hidung seperti pilek, terasa cairan sinus melewati kerongkongan, demam, lemas, sakit gigi, dsb. Berdasarkan waktu dan gejala yang ditimbulkan, sinusitis dibagi menjadi:

Pada kasus infeksi bakteri, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan sinusitis di antaranya adalah infeksi saluran napas dan infeksi gigi (terutama bagian atas). Sedangkan pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala tersebut di antaranya adalah antihistamin dan steroid. Anda harus menghindari faktor pencetus alergi tersebut agar sinusitis tidak kambuh lagi. Untuk itu, faktor tersebut harus dikenali terlebih dahulu. Alergi dapat dicetuskan oleh debu, udara dingin, asap rokok, dan lain-lain.

Jika anda merasakan keluhan yang demikian, maka lakukanlah pemeriksaan kepada dokter spesialis THT. Jika diperlukan, dapat dilakukan pemeriksaan radiologi untuk memastikan kondisi sinusitis anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

salam

0 Komentar

Belum ada komentar