Sukses

Pencabutan Dan Perawatan Saraf Gigi Yang Aman Bagi Ibu Hamil

19 Feb 2017, 11:30 WIB
Pria, 28 tahun.

siang dokter. mohon advisnya dok. saya ibu hamil 24 weeks dan sedang sakit gigi. gigi belakang kanan saya terindikasi kena pulpitis akut, sehingga perlu dilakukan pencabutan. namun dikarenakan saya sedang hamil. dokter gigi tidak berani mengambil tindakan tsb dan hanya menyarankan utk perawatan syaraf. namun utk perawatan syaraf tsb diperlukan anestesi dan pengobatan dg antibiotik. apakah sy diperbolehkan dianestesi dan minum antibiotik dok? mengingat sy sedang hamil. terima kasih.

Halo Meilina,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Dalam keadaan gigi anda yang sudah mengalami pulpitis akut memang terapi paling baik adalah dengan melakukan perawatan saraf gigi. Untuk mengobati peradangan yang sudah terjadi memang harus menggunakan antibiotik, pada kasus anda dengan kehamilan 24 minggu maka antibiotik yang boleh digunakan adalah yang golongan paling ringan yaitu yang mengandung amoxicillin. Sedangkan untuk mematikan sarafnya bisa menggunakan obat untuk devitalisasi pulpa yang tidak mengandung arsenic. Dimasukkan ke dalam lubang gigi dengan kapas lalu ditutup tambalan sementara maksimal 7 hari. Setelah itu langsung dilakukan perawatan saraf sampai selesai.

Namun jika sebagian besar jaringan gigi sudah rusak, rapuh, sudah goyang maka lebih baik dilakukan pencabutan. Untuk melakukan pencabutan gigi pada ibu hamil, diperolehkan untuk menggunakan anestesi secukupnya (sesuai aturan dosis dewasa) dan hanya boleh dilakukan pada trimester ke-2, yaitu minggu ke 16-24.

Pada prinsipnya jika obat anestesi maupun obat antibiotik memiliki manfaat yang lebih besar dibanding efek sampingnya, maka boleh dilakukan. Karena berdasarkan pengalaman pribadi di tempat praktek, pernah terdapat kasus seperti anda, lalu pasien dilakukan perawatan saraf dengan terapi antibiotik mengandung amoxicilin sebelumnya. Lalu setelah melahirkan, pasien memberi kabar dan Alhamdulillah bayi sehat dan ibunyapun sehat.

Jika keadaan ini tidak segera ditangani sampai tuntas maka pulpitis akut bisa berubah menjadi abses, yang mewajibkan anda untuk minum obat yang lebih keras dan lebih banyak lagi. Segera periksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi dan langsung lakukan tindakan agar gigi anda bisa sembuh dan kehamilan anda tetap terjaga dengan baik. Periksakan juga gigi-gigi lainnya, jika ada yang berlubang harus ditambal sebelum sakit, jika ada karang gigi harus dibersihkan sebelum menimbulkan gusi radang yang mudah berdarah.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar