Sukses

Nyeri Pinggang dan Benjolan di Selangkangan.

20 Feb 2017, 11:29 WIB
Wanita, 35 tahun.

Pagi dokter, Saya cerita sdkt ttng kronologis nya. Sekitar 1th 3bln yg lalu saya hbs melahirkan cecar yg ketiga kalinya. semasa hamil badan bagian kanan sdh sering pegal (sebelah kanan dari tangan sampe kaki). Skrg anaknya berumur 1th 3bln. Dan sdh 3 bln ini sering timbul nyeri pinggang kanan blkng SPT kesetrum. Sdh 1 bln ini sakitnya sdh bukan kambuhan lagi tp sdh menetap di pinggang kanan belakang, seminggu ini sakitnya menjalar sampai ke lutut kaki kanan. Sakit akan terasa Dahyat ketika buat duduk dan berdiri dari duduk. Kmrn TDK sengaja saya meraba bagian selakangan, ada benjolan di dlm daging. Kira2 saya sakit apa ya dok? Dan periksa ke spesialis apa?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.


Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri di jari-jari kaki dan rasa seperti kesetrum.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan atau rasa kesetrum, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Beberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

Penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
frekuensi napas cepat
serangan panik
dehidrasi (kurang cairan)
kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
dsb


Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf, melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
gangguan jantung dan pembuluh darah
gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
infeksi dan sindrom post-infeksi
gangguan jaringan ikat dan imunitas
kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
keganasan/tumor otak
dsb

 

Mengenai keluhan benjolan di selangkangan. Sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenjar getah bening). Apabila penyebabnya adalah infeksi maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya. Hernia juga masih mungkin, walaupun jarang pada perempuan muda.

Apabila keluhan berlanjut, kami menyarankan Anda tersebut untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat untuk keluhan tersebut. Karena dalam memberikan suatu terapi dibutuhkan adanya pemeriksaan fisik sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar