Sukses

Penyebab Jerawat Di Kemaluan

20 Feb 2017, 09:02 WIB
Pria, 23 tahun.

Dokter saya punya jerawat cukup banyak kecil2 di kelamin saya, tpi saya tidak pernah kencing nanah. apa itu termasuk penyakit raja singa atau bukan .. dan ada kah obat untuk prnyembuhannya jikalau itu bukan termasuk raja singa. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Adanya kelainan kulit menyerupai jerawat di daerah kemaluan umumnya disebabkan karena  kurangnya higienitas di daerah kemaluan atau karena penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Berikut ini beberapa penyakit yang menimbulkan kelainan menyerupai jerawat di kemaluan:

1. Kondiloma akuminata
Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Virus ini dapat menyebabkan sebuah lesi saja, atau lesi yang besar menyerupai jengger ayam. Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan kulit orang yang terinfeksi. Pada wanita, HPV meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks atau kanker mulut rahim.

2. Sifilis

Sifilis, atau penyakit raja singa, merupakan salah satu penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Penyebab penyakit Sifilis adalah bakteri Treponema pallidum. Infeksi ini dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh manusia. Dari sekedar muncul bercak kemerahan di kelamin, kemudian munculnya luka-luka kecil, demam, sakit kepala dan diikuti gejala infeksi umum lainnya.Salah satu keluhan yang dapat dialami pasien adalah adanya luka pada penis, berupa ulkus (luka kecil). Ulkus penis ini biasanya tidak nyeri. Pada tahap lebih lanjut, sifilis dapat menyebabkan keluhan pada bagian kulit yang lain.

3. Herpes Simpleks

Infeksi Herpes Simpleks Virus tipe 2 adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui hubungan intim atau seksual. Namun bisa juga ditemukan pada bagian kulit lain. Gejala yang dapat muncul adalah adanya lesi kemerahan pada kulit, terutama tempat virus tersebut masuk. Pasien akan mengeluhkan adanya benjolan pada penis yang sakit atau adanya gelembung berisi cairan.

4. Moluskum Kontagiosum

Moluskum kontagiosum merupakan penyakit yang disbabkan oleh poxvirus. Penyakit ini menyebabkan gejala terbentuknya papul yang cukup banyak. Papul merupakan benjolan yang berbatas tegas dan sewarna dengan kulit. Salah satu ciri khas dari penyakit moluskum kontagiosum adalah adanya lekukan pada benjolan moluskum. Benjolan ini dapat mengeluarkan bahan seperti nasi jika ditekan.

Untuk memastikannya, Anda sebaiknya berobat ke dokter untuk diperiksa dan mendapat penanganan yang tepat. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar