Sukses

Solusi Cacing Kremi

19 Feb 2017, 10:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok, pada malam hari ketika ingin mengganti pembalut haid. Pasti banyak luruhan dinding rahim. Namun saat selesai mengguyur daerah kewanitaan dan anus sata, saya melihat seperti cacing sudah tergeletak di lantai kamar mandi panjangnya mungkin hampir 1.5cm dan berwarna merah. Itu tepatnya apa ya dok? Dan sebenarnya keluar dari anus atau vagina? Berbahaya atau tidak serta bagaimana cara pengobatannya?

 


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Cacing kremi atau Enterobius vermicularis merupakan penyebab infeksi cacing kremi yang disebut juga enterobiasis atau oksiuriasis. Telur cacing kremi dapat terhirup dari udara kemudian tertelan atau dari kontak dengan penderita dan barang-barangnya sehingga telur cacing tertelan. Setelah telur cacing tertelan, larva akan menetas di dalam usus kecil kemudian menjadi cacing dewasa di dalam usus besar. Cacing dewasa betina kemudian bergerak ke daerah di sekitar anus untuk menyimpan telurnya di dalam lipatan kulit anus penderita. Seringkali penderita merasa gatal di bagian anus karena gerakan cacing dan bahan yang terdapat pada cairan untuk menempelkan telur.

Infeksi cacing kremi memang dapat disembuhkan melalui pemberian dosis tunggal obat anti-parasit yaitu mebendazole, albendazole atau pirantel pamoat.

Namun, walaupun telah diobati, infeksi ulang sering terjadi karena telur masih berada di dalam tinja selama seminggu setelah pengobatan dan masih dapat menjadi sumber infeksi. Untuk itu, seluruh anggota keluarga dalam satu rumah harus meminum obat tersebut karena infeksi ulang bisa menyebar dari satu orang kepada yang lainnya. Pakaian, sprei dan barang-barang lainnya sebaiknya sering dicuci untuk memusnahkan telur cacing yang tersisa.

Artikel Apa Itu Cacing Kremi dapat menambahkan pengetahuan Anda mengenai parasit ini.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar