Sukses

Perawatan Saraf Gigi Bikin Bengkak Bernanah

19 Feb 2017, 00:59 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tanya. Sekitar 10 tahun lalu saya pernah melakukan perawatan saraf gigi untuk gigi geraham pertama yang sudah pernah ditambal namun mengalami bengkak bernanah. Setelah pengobatan selesai tambalannya sering lepas ketika mengkonsumsi makanan keras atau lengket. Karena itu saya memutuskan untuk membiarkan gigi tersebut berlubang. Sudah 8 tahun berjalan semenjak saya biarkan gigi terbuka dalam kondisi saraf gigi yang sudah dimatikan. Sejauh ini saya rasa tidak ada masalah. Hanya apakah berbahaya bila terus menerus saya biarkan terbuka? Apa tindakan yang harus saya lakukan? Trims

Halo Lisa,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan informasi yang anda sampaikan dugaan kami kemungkinan perawatan saraf gigi yang 10 tahun lalu anda lakukan kurang steril dan tidak tuntas, sehingga saat ditutup tambalan mengalami bengkak bernanah. Memang gigi anda akan terasa lebih ‘enteng’ saat tambalan dibuka, dan karena saraf sudah dimatikan untuk sementara tidak ada rasa sakit. Namun hal ini berbahaya dan berpotensi untuk menimbulkan bengkak lagi dikemudian hari, bila dibiarkan terbuka.

Saran kami agar anda periksakan lagi gigi anda ke dokter gigi, lakukan foto rontgen untuk melihat struktur akar gigi dan jaringan sekitarnya. Jika akar masih bagus dan jaringan sekitar tidak ada kelainan maka dapat lebih baik dilakukan perawatan ulang saluran akar gigi. Jika keadaan akar gigi dan jaringan sekitar sudah rusak, dan masih terdapat sisa radang maka harus diobati terlebih dahulu. Biasanya dokter gigi akan memberi resep antibiotik. Kemudian diskusikan langkah selanjutnya agar gigi dapat segera tertangani dengan baik. Sebaiknya jangan tunggu sampai gigi tersebut ada keluhan, karena akan membuat perawatan semakin lama, sakit dan mahal.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar