Sukses

Penyebab Mual dan Muntah Saat Kehamilan

19 Feb 2017, 00:13 WIB
Pria, 20 tahun.

Maaf dok, saya mau nanya , kenapa yah pas kehamilan saya yg baru usia 2 bulan saya sering muntah" dok, setiap makan muntah, minum air putih tetap muntah , terus perut sakit dok, udah hampir sebulan begini terus dok , terus pas tadi aku beli susu prenagen emesis rasa vanili , aku minum eh nggak lama kemudian muntah lagi dok tapi muntahnya berbentuk gumpalan susu dok , gimana dok aku jadi takut , itu bahaya atau gimana dok, mohon jawabannya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mual dan muntah merupakan gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan (3 bulan) pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari sehingga sering dikenal dengan morning sickness. Sementara setengah dari wanita hamil mengalami morning sickness, 1,5 – 2 % mengalami Hiperemesis Gravidarum (HG), suatu kondisi yang lebih serius. Hiperemesis gravidarum sendiri adalah mual dan muntah hebat dalam masa kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membahayakan janin di dalam kandungan. Pada umumnya HG terjadi pada minggu ke 6 - 12 masa kehamilan, yang dapat berlanjut sampai minggu ke 16 – 20 masa kehamilan.

Sehingga jika istri Anda sudah menginjak kehamilan 4 bulan dan masih merasakan mual-mual, kami sarankan agar Anda memeriksakan istri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Karena ditakutkan ada penyebab lain yang mendasari.

Sebetulnya keadaan ini tidak berpengaruh ke janin jika asupan gizi Ibu terpenuhi. Bagaimanapun sulitnya, Ibu harus tetap makan demi kesehatan Anda dan janin dalam kandungan. Hal ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mengurangi mual dan muntah adalah :

Bila muntah adalah masalah di pagi hari, makan makanan kering seperti sereal, roti, atau biskuit sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, atau coba makan makanan ringan tinggi protein seperti keju sebelum pergi tidur (protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna)
Makan makanan ringan setiap 2-3 jam lebih baik dari 3 kali makan besar. Makan secara perlahan dan kunyah makanan secara sempurna
Makan makanan yang mengandung banyak cairan. Hindari jumlah besar konsumsi cairan dalam satu waktu. Coba minuman yang dingin, jus buah seperti apel atau anggur
Hindari makanan pedas, gorengan, atau berminyak
Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda. Dokter akan menganjurkan beberapa pemeriksaan sesuai dengan hasil wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung kepada Anda. Pemeriksaan tersebut ditujukan untuk mencari penyebab dan menilai gangguan-gangguan yang mungkin terjadi akibat mual-muntah yang telah Anda alami.

Berikut kami sertakan artikel:
Agar Tetap Nyaman Saat Hamil

Hiperemesis Gravidarum (HG)

Mual dan Muntah masa Kehamilan

Ibu Hamil : Jangan Kelelahan dan Kelaparan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar