Sukses

Pilek pada Pagi Hari, Mengapa?

18 Feb 2017, 23:34 WIB
Wanita, 16 tahun.

Halo dok, saya mau tanya, kenapa ya kalo mau tidur malam atau bangun malam pasti pilek sampai pagi, biasanya baru selesai pilek pada saat mau berangkat sekolah, dan ingusnya itu encer banget, keluar terus gitu, tolong dijawab ya dok, terimakasih.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Pilek pada pagi hari dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, salah satunya merupakan rhinitis alergi.

Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat alergi), terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa. Rhinitis alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen. Faktor yang menjadi pencetus kelainan ini bermacam-macam antara lain adalah genetik(bawaan), lingkungan(suhu,kelembaban), makanan, obat-obatan, debu, dan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan faktor pencetus. Artinya, sebagai langkah pencegahan adalah dengan mengenai alergen (pencetus alergi)anda, kemudian sedapat mungkin menghindarinya. Selain itu, perlu juga melakukan perubahan gaya hidup sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh, dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga.

Sedangkan untuk pengobatan, di Indonesia umumnya penyakit ini di terapi dengan penggunaan obat antihistamin seperti cetirizine, loratadine, dan CTM atau dengan kombinasi dekongestan oral seperti efedrin, pseudoefedrin, dan fenilpropanolamin. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung bila tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Mengingat ketepatan diagnosis memerlukan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisis secara langsung, dan pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar