Sukses

Mencegah KET Berulang

18 Feb 2017, 21:01 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,saya pasca KET sudah +-8bln lalu. Saat ini sudah menstruasi normal dan berhubungan intim dengan suami tanpa alat kontrasepsi. Kapankah saya/pasien pasca KET dapat hamil lagi dengan aman dan sehat mengingat adanya bekas jahitan diperut. Lalu untuk mencegah kehamilan KET terulang lagi,apa yg seharusnya saya lakukan? Saya disarankan HSG dok,apa itu HSG,bagaimana caranya dan apakah tercover dengan BPJS ? Terima kasih informasinya dokter.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Seseorang yang mengalami kehamilan ektopik bukan berarti tidak dapat mengalami kehamilan normal namun berarti ia memiliki kemungkinan untuk mengalami kehamilan ektopik lagi di masa depan.

Kehamilan ektopik seringkali disebabkan oleh:

Merokok
Kehamilan ektopik sebelumnya
Riwayat infeksi di tuba falopi (salpingitis, PID : Pelvic Inflammatory Disease)
Riwayat operasi pada tuba falopi
Komplikasi dari pecahnya infeksi appendisitis (usus buntu)
Endometriosis

No. 2, 3 dan 4 dapat menyebabkan terciptanya jaringan parut pada saluran tuba falopi sehingga hasil pembuahan tidak dapat berpindah ke rongga rahim dan terjebak di sepanjang saluran.

Diskusikanlah hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, yang tentunya memahami riwayat medis atau penyakit Anda sebelumnya. Kemungkinan KET berulang akan dapat diperkecil dengan menyingkirkan faktor risiko yang dapat dikontrol, seperti mengobati infeksi panggul apabila ada, gaya hidup sehat, dll.

Utarakan segala hal yang menjadi kekhawatiran dan kebingungan Anda termasuk kapan saat yang tepat untuk memulai kehamilan kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar