Sukses

Kram Perut Saat Hamil Muda

18 Feb 2017, 17:54 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, kenapa saya selalu merasakan nyeri ya pada perut saya,, usia kandungan saya baru 7minggu.. apa karna mengendarai motor penyebabnya??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Selama kehamilan bayi berkembang di dalam rahim Anda, sehingga rahim akan melebar dan jaringan ikat di sekitarnya mungkin dapat mengalami kontraksi. Hal inilah yang menimbulkan kram perut saat hamil. Biasanya kram perut akan bertambah saat Anda bersin, batuk, atau terjadi perubahan posisi.

Sedangkan kram yang terjadi di daerah lain seperti kaki biasanya terjadi saat trimester kedua dan ketiga. Bayi memberikan penekanan terhadap otot, sendi dan pembuluh darah. Jadi ketika Anda bergerak, akan timbul nyeri pada satu atau kedua sisi tubuh Anda.

Untuk menangani kram saat hamil, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan di rumah:

Beristirahatlah.
Duduk apabila Anda terlalu banyak berjalan, atau ubah posisi duduk Anda apabila pada posisi tersebut membuat Anda kram.
Berbaring ke samping dengan sisi tubuh yang berlawanan dengan sisi tubuh yang mengalami kram, serta letakkan kaki lebih tinggi dari kepala (kaki bisa diganjal dengan menggunakan bantal).
Berendam dengan air hangat.
Kompres bagian tubuh yang kram menggunakan botol berisi air hangat atau handuk hangat.
Hindari stres. Lakukan relaksasi diri, misalnya duduk di sofa sambil membaca majalah, menonton televisi, atau mendengarkan musik yang menurut penelitian ternyata mampu mengurangi kram saat hamil.
Gunakan alas kaki yang nyaman dan simpan dulu sepatu-sepatu hak tinggi Anda selama hamil.
Lakukan gerakan-gerakan peregangan otot atau pijatan pelan di daerah yang mengalami kram.
Apabila kram perut dirasakan sangat hebat hingga mengganggu aktivitas, disertai timbulnya perdarahan dari vagina atau cairan vagina yang tidak seperti biasa, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau bidan untuk memastikan kondisi bayi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar