Sukses

Benjolan di Payudara Kanan

18 Feb 2017, 10:18 WIB
Pria, 41 tahun.

Siang dok, terima kasih dokter Atika yang telah menjawab pertanyaan sebelumnya. Benjolan di payudara saya muncul dan baru terasa kira-kira 1 bulan yang lalu, dan saya sudah berhenti menyusui 3 bulan yang lalu. Saya sementara minum obat dan hari ini sudah hari ke-4 dari 10 hari yang dianjurkan. Tapi tanda-tanda benjolan melunak belum terasa dan warna merah di area areola masih ada. Kadang saya merasa sakit (tapi tidak sering). Oh ya dok, saya tidak deman atau yang lain. Apakah radang ini tidak berbahaya? apakah ada obat/salep lain untuk melunakkan bagian yang keras ini? Terima Kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter,

Selamat berjumpa kembali di KlikDokter, kami senang bila Anda terbantu dengan jawaban kami sebelumnya.

Menilik pada riwayat ibu yang benar merupakan ibu menyusui beberapa bulan lalu, maka kemungkinan benjolan tersebut terjadi akibat stasis ASI yang tersisa serta ada kemungkinan terinfeksi oleh kuman. 

Untuk itu, pengobatan yang didapatkan sudah tepat. Jangan lupa untuk mengonsumsinya sampai habis karena antibiotik yang tidak tuntas dapat menyebabkan resistensi. Masih butuh waktu untuk menghilangkan proses radang sepenuhnya, karena kemungkinan sedang terjadi 'pembersihan kuman' oleh obat. Setelah kuman hilang, barulah jaringan payudara akan berangsur-angsur memperbaiki diri dan normal kembali. Jangan lupa untuk meningkatkan imunitas/ daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, memakan makanan yang bergizi, cukup minum, dan menghindari stres. 

Bila sangat mengganggu, agar kemerahan cepat hilang dapat diberikan obat anti peradangan yang sebaiknya Anda peroleh dari dokter Anda.

Jangan lupa untuk kontrol pasca obat selesai dikonsumsi, karena kemajuan pengobatan menentukan apakah diagnosis telah tepat atau tidak. Adapun diagnosis mastitis bukanlah kondisi yang berbahaya dan mengancam jiwa. Bila ternyata dengan pengobatan yang saat ini efeknya belum maksimal, tambahan pengobatan akan dipertimbangkan. Inilah pentingnya kontrol pasca pengobatan ke dokter yang sebelumnya menangani Anda.

Semoga jawaban kami membantu Anda,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar