Sukses

Benjolan di Ketiak dan Payudara

18 Feb 2017, 09:51 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamualaikum dok,saya mau bertanya. Di payudara sebelah kiri saya terdapat benjolan,dan bila di sentuh ngilu tapi jika tidak d sentuh tidak berasa,tapi saat menjelang mens memang berasa sakit dok,sesudah nya hilang lagi. Tapi jendolan nya tetap ada. Dan dulu saya pernah mencukur hingga halus di ketiak,lalu saya tidak sadar entah luka atau apa saya merasa ada jendolan ,tapi setelah saya ke dokter,kata nya ini hanya infeksi bakteri,lalu nyeri nya hilang dan jendolan nya hilang. Tapi memang warna ketiak saya yg luka ini agak lebih gelap d banding dengan sebelah nya. Saat berobat ke dokter waktu itu saya di berikan obat ciprofloxacin dan salep gentamicin. Nah pertanyaan saya dok,apakah itu bisa menyebabkan kanker payudara ? Apa jendolan di payudara dan di ketiak itu ada hubungan nya ?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Seberapa besar ukuran benjolan tersebut? Apakah mobile / bisa digerakkan dengan jari? Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Selanjutnya benjolan di payudara juga dapat berkaitan dengan keluhan di payudara Anda. Tidak semua perubahan pada payudara merupakan tanda kanker payudara bisa jadi ini adalah hal yang jinak terlebih melihat usia Anda yang baru 18 tahun. Apakah teraba benjolan di sekitar payudara?

Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi, keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, dapat terasa nyeri dan biasanya dirasakan di seluruh bagian payudara. Perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi berakhir. Jika ini yang anda rasakan merupakan hal yang wajar.

Jika menemui hal-hal di bawah ini pada payudara anda sebaikya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa yang terjadi:

Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.
Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.
Nyeri pada payudara.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar