Sukses

Jari Kaki Sakit dan Bau, Cantengan atau Jamur

18 Feb 2017, 09:44 WIB
Pria, 16 tahun.

Jari Kaki saya sakit lalu mengeluarkan cairan yang bau lalu disampingnya kulit berwarna putih kira2 itu apa y dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Untuk keluhan di kulit sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung. Saya tidak bisa mendiagnosis dengan pasti lesi yang ada pada kaki Anda, namun berikut saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cantengan  dan jamur yang biasanya terjadi di kaki.

Bila Anda mengalami cantengan (paronikia) maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjang penyembuhan dan mencegah kekambuhan:

Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).
Jika cantengan Anda tidak membaik juga dalam beberapa hari dan infeksi semakin parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi.

Pembedahan kuku untuk mengangkat kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah juga mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Anda tidak perlu kuatir mengenai pembedahan kuku, karena tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak meluas dan menyebar. Jika kuku Anda diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan.

Dokter juga akan memberikan salep dan obat minum untuk membantu mengatasi infeksi pada cantengan tersebut.

Sedangkan, penyakit kaki berjamur merupakan masalah yang sering kita jumpai di tengah tengah masyarakat kita, penyakit ini sendiri di sebabkan oleh jamur parasit yang biasanya menyerang kaki atau selah-selah jari tetapi dapat menjalar kebagian kaki lainya atau ke tangan. Untuk mengatasi jamur ini yang terpentingadalah menjaga kebersihan tubuh, selain itu obat-obat anti-jamur (fungisid) juga dapat membantu dalam membasmi jamur, namun golongan obat ini adalah obat keras yang artinya harus dengan resep dokter.
Namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu:

Jagalah Bagian yang terkena itu agar tetap kering dan sejuk. Gunakan sandal atau sepatu yang terbuka, jangan biarkan kulit kaki dalam keadaan lembab.
Lindungilah anggota-anggota keluarga yang lainya agar memakai alas kaki/sendal saat di rumah, terutama di kamar mandi atau di kolam renang.
Setiap malam sebelum tidur, bersihkan kaki dengan sabun mandi dan air hangat. Awasilah kuku anda jangan sampai menyimpan kotoran.
Lebih baik mengunakan kaos kaki katun yang putih, tiap hari harus diganti. cuci bersih kaos kaki tersebut.
Demi mencegah penularannya, sebaiknya anda tidak menggunakan kolam renang atau pemandian umum sebelum penyakit anda sembuh keseluruhanya.
Apa biala penyakit itu membandel, periksakanlah kepada dokter spesialis kulit. Obat-obat seperti Griseofulvin, golongan fungisid lain, biasanya menolong, tetapi tentunya memerlukan resep dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar