Sukses

Mata Kiri Buram

18 Feb 2017, 09:13 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya. kenapa mata kiri saya itu seperti ada titik hitam yang sering melayang-layang di sekitar lensa mata saya. Saya sempat berobat ke 2 dokter namun diagnosa dokter pertama menyatakan bahwa ada syaraf saya yang rusak. Karena saya takut di operasi, akhirnya saya melakukan pemeriksaan di dokter kedua. Dokter kedua mendiagnosa bahwa mata saya tidak terjadi masalah. Titik hitam yang sering muncul pada mata saya tersebut merupakan genangan air yang muncul akibat adanya molekul di mata saya yang pecah. Saya ingin tanya bagaimana baiknya saya mengobati mata kiri saya ini, karena sudah setahun lebih saya tidak dapat melihat dengan baik melalui mata kiri saya

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Bayangan hitam pada mata biasanya disebabkan beberapa hal seperti adanya benda asing pada kornea yang menghalangi pandangan. Bila terbentuk deposit/endapan dari cairan vitreous, deposit itu akan mengambang dan tampak seakan-akan benda tersebut melayang di depan mata. Ketika mata bergerak dari satu sisi ke sisi lain atau ke atas dan ke bawah, helai-helai, endapan, atau kantung-kantung ini juga berpindah posisi di dalam mata, sehingga membuat bayangan-bayangan yang bergerak dan tampak mengambang atau berombak-ombak.

Banyangan hitam tersebut dapat menghilang seiring dengan berjalannya waktu atau akibat posisi endapan yang bergeser sehingga tidak terlihat lagi. Eye floaters sebenarnya tidak berbahaya namun bisa sangat menganggu

Jika bayangan hitam muncul secara mendadak, waspada bisa jadi penyebabnya adalah retina yang lepas atau dalam bahasa medis dikenal sebagai ablasio retina (retinal detachment) . Penyakit ini memerlukan tindakan khusus karena merupakan penyakit yang serius.

Gejala penyakit ini adalah :

Penglihatan kabur seperti ada tirai yang menutupi atau bergelombang
Terlihat kilat - kilatan
Terlihat bintik - bintik hitam yang mengapung
Terlihat seperti ada lapisan hitam yang menutupi penglihatan
Kualitas penglihatan menurun
Jika Anda mengalami keluhan di atas. Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk memastikan keadaan mata Anda dan mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar