Sukses

Anak Usia 22 Bulan Belum Bicara

03 Feb 2017, 00:00 WIB
Wanita, 28 tahun.

Salam. Sy memiliki anak laki laki berusia 22 bulan. Sampai saat ini belum dapat mengucapkan satu kata yg memiliki arti. Suara yg dikeluarkan seperti babling dan beberapa kata (menurut anak) seperti "ba", "ma", "ga", "wa", "ya", "aba", "ooo". Namun, anak memahami bentuk perintah dari orang lain. Anak juga mampu mengungkapkan ekspresi marah, sedih, senang, jijik. Ketika meminta sesuatu bentuk tindakannya berupa menarik tangan, menunjuk benda. Anak saya jg lebih cenderung menyukai hal hal yg terkait motorik kasar sedangkan motorik halus tidak bertahan lama. Selama ini sudah saya ajak bicara baik dalam keadaan sedang bermain dan menonton. Mohon bantuannya dok. Termasuk gangguan berbahasa seperti apa anak saya? Terapi seperti apa yg cocok untuk anak?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berbicara dan pengenalan bahasa pada anak merupakan proses yang dinamis.  Pembentukan  bahasa sendiri memilki beberapa aspek yang harus dimiliki antara lain mengerti, memproses, baru setelah itu memproduksi suatu komunikasi.  Proses produksi suatu komunikasi juga merupakan proses yang rumit, dimulai dari perintah otak terhadap organ yang membentuk artikulasi (rongga mulut, gigi geligi, lidah, dan sebagainya) sampai dengan tahap pengiriman udara dari paru-paru untuk membentuk suara. 

Tahapan pengenalan bahasa dan berbicara pada anak adalah proses penting dalam pencapaian tumbuh kembang anak. 

Kesulitan anak dalam berkomunikasi bisa meliputi beberapa kelainan antara lain :

  • Gangguan artikulasi / pengucapan seperti gagap
  • Kualitas suara yang tidak normal sehingga menyulitkan berbicara (anak dengan bibir sumbing)
  • Kesulitan berbicara dengan susunan kalimat yang tidak benar
  • Terdapat kelainan yang mendasari seperti retardasi mental, lumpuh otak, dan kelainan fungsi pendengaran
  • Terdapat dua bahasa yang dipergunakan sekaligus
  • Autisme

 

?

DiUsia 22-24 bulan, anak sudah dapat bucara lebih dari 50 kata, dapat membuat kalimat dengan 2 buah kata, sebagian besar kalimat bisa dimengerti orang lain ?

Kami sarankan segeralah berkonsultasi dengan ahlinya, dokter spesialis anak tumbuh kembang. Semakin cepat diatasi maka perkembangan anak diharapkan akan lebih baik. Apa yang bisa diusahakan untuk memperbaiki kondisi ini di rumah ?

  • Dengarkan lagu-lagu untuk anak
  • Apabila anak menunjuk sesuatu, tanyakan kepadanya. Misalnya anak menunjuk biskuit, “ Apakah kamu mau biskuit?” Sebelum memberi, tanyakan ulang “Apakah ini?” Biskuit” . Hal ini dilakukan untuk mendorong anak mengulangi kata-kata.
  • Ajari anak mengenal segala benda yang berada di sekitarnya
  • Batasi menonton televisi 1-2 jam sehari
  • Usahakan untuk selalu mendampingi anak ketika menonton televisi, bicarakan mengenai acara yang sedang ditonton
  • Bercengkerama ketika saat makan bersama
  • Bacakan cerita secara interaktif seperti tanyakan kepada anak mengenai cerita yang dibacakan atau minta anak untuk menunjuk, menyuarakan, atau menyentuh gambar yang ada di dalam cerita

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar