Sukses

Tuberkulosis Paru pada Anak

03 Feb 2017, 00:00 WIB
Pria, 30 tahun.

sore dok sya ayah dari seorang ank umur 4 thun, ank sya skit panas,batuk,dan pnurunan brat bdan. sya bwa ke dkter diponis gjala penyakit kp. dan disruh cek drah hari bsok nya. bsok nya sya bwa ke dkter lg sudah cek darah dan hasil nya kata dkter positf terkena pnyakit KP. yang saya mau tanyakan apa mungkin ank seumur anak saya bisa terkena KP dan gmna cara pengobatan nya ... Terima kasih dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo, sampaikan salam kami untuk buah hati Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

KP atau yang dalam bahasa medis disebut tuberkulosis (TB) dapat terjadi pada segala usia, bukan hanya dewasa saja. 

Memang untuk mendiagnosis TB pada bayi atau anak cukup sulit, mengingat gejalanya yang tidak spesifik. Saat ini para dokter menggunakan sitem skoring untuk mendeteksi seorang anak terkena penyakit TB. Dalam skoring tersebut nilai tertinggi bila didapatkan hasil uji tes mantoux positif ((≥10mm, atau ≥5mm pada keadaan imunokompromais/sistem imun rendah) dan adanya riwayat kontak dengan orang dewasa penderita TB aktif dan menular. Jika hasil skoring melebihi nilai normal, maka Anak harus diterapi sebagai penderita TB.

Dokter spesialis anak akan menggali informasi lainnya seperti ada tidaknya penderita TB yang tinggal serumah dengan anak, keluhan demam, batuk, pembeesaran kelenjar getah bening, benjolan pada tulang, dll. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti foto rongent dada.

Jika memang anak anda terdiagnosis mengalami TB maka tidak ada cara lain untuk menyembuhkannya kecuali dengan minum obat anti TB selama 6 bulan. Pengobatanini memang terkesan lama namun penting bagi anak Anda agar penyakit dapat sembuh hingga tuntas sehingga dibutuhkan kepatuhan untuk menjalani pengobatan selama 6 bulan

lebih lanjutnya kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang menangani anak anda. Sehingga Anda dapat berdiskusi tentang pengobatan bagi anak Anda 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar