Sukses

Keguguran dan Kuret

01 Nov 2016, 00:00 WIB
Pria, 28 tahun.

Permisi dok saya mau tanya, Istri saya keguguran dan belum melakukan kuret apakah ada kemungkinan janin tersebut belum mati dan masih bisa tumbuh ? Terima kasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami turut prihatin dengan kondisi yang saat ini Anda dan istri hadapi. Dalam dunia medis, keguguran sendiri berarti berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu yang menyebabkan kematian janin. Jadi bila dokter sudah melakukan pemeriksaan langsung dan menyatakan hal tersebut, artinya kemungkinan besar memang sudah terjadi kematian janin dan janin tidak akan tumbuh lagi.

Kuretase memang tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus).  Kuretase sendiri merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi. Sedangkan pada kasus dimana jaringan keluar sempurna secara spontan, dan rahim dipastikan sudah bersih, kuretase tidak lagi diperlukan.

Semoga Anda dan istri tetap diberikan kesabaran dan selalu dilimpahi kesehatan.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar