Sukses

Mencegah Infeksi Menular Seks

01 Nov 2016, 00:00 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok saya pria yang sudah menikah tetapi jauh dengan istri sehingga kebetulan saja suatu waktu saya berhubungan dengan PSK tidak memakai Kondom. sampai saat ini saya belom merasakan ada kelainan pada diri saya, merasa sehat-sehat saja tetapi ada perasaan khawatir jika nanti saya berhubungan dengan istri, istri takut terkena penyakit kelamin. 2 minggu lagi saya akan pulang menjenguk istri, mohon arahan saya harus minum obat apa untuk mencegah penyakit kelamin agar istri tidak tertular penyakit kelamin. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Sebelumnya, ijinkan kami berbagi informasi kepada Anda seputar infeksi menular seksual. Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penularan terjadi karena kontak langsung dari alat kelamin (vaginal intercourse), seks oral, maupun seks anal (dubur). Umumnya IMS ditularkan melalui kontak dari membran mukosa dan terkadang melalui mulut. IMS juga dapat ditularkan secara vertikal dari anak ke Ibu melalui proses melahirkan. Beberapa contoh dari IMS adalah sifilis (raja singa), gonorea, herpes genital, klamidia, HPV, trikomoniasis, bakterial vaginosis, hepatitis B, dan HIV. Penyebab penyakit di atas dapat berupa bakteri, virus, jamur, dan parasit. Tergantung dari jenis penyakitnya, IMS dapat menimbulkan gejala dan terkadang tanpa adanya gejala. 

Bila Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual yang tidak aman, maka tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut telah menular pada Anda. Untuk mendeteksinya, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang. Olehkarena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter. Antibiotik hanya diberikan apabila Anda sudah diperiksa fisik langsung dan dibuktikan jenis kuman penyebabnya dengan pemeriksaan yang spesifik. Hal tersebut dilakukan karena masing- masing kuman penyebab memerlukan terapi yang berbeda- beda. Perlu diingat bahwa penggunaan antibiotik ini hanya dilakukan sebagai terapi dan bukan pencegahan. Satu- satunya cara mencegah penularan dari IMS adalah berhubungan seksual dengan menggunakan alat pengaman yaitu kondom. Jadi, ada baiknya anda dan istri menggunakan kondom saat akan berhubungan hingga Anda terbukti bebas dari infeksi menular seksual.

Sekian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga membantu. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar