Sukses

Rasa Tidak Nyaman di Badan 12 Hari Setelah Haid

31 Oct 2016, 00:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya baru selesai haid 12 hari yg lalu, tp kok sekarang badan kenceng kayak mau haid kenapa ya. Saya lg program hamil

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan  e-konsultasi KlikDokter.com

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan. Apakah yang Anda maksud dengan 'badan kenceng' adalah kram di perut? Kram di perut atau perasaan seperti akan haid tersebut dapat pula terjadi pada saat sel telur dikeluarkan dari indung telur ke dalam rahim (saat ovulasi).

Satu dari lima wanita mengalami nyeri pada saat ovulasi tiap bulannya—dan sekitar separuh dari populasi wanita pasti pernah mengalami nyeri ovulasi setidaknya satu kali dalam seumur hidupnya.

Nyeri ovulasi secara klinis dikenal dengan istilah dari bahasa Jerman, “Mittelschmerz” yang artinya nyeri bagian tengah. 

Nyeri yang dirasa saat ovulasi berbeda bagi tiap wanita. Beberapa wanita mengeluhkan nyeri yang terasa di perut bawah atau pelvis yang mirip dengan kram perut saat haid. Durasi nyeri terasa satu hingga dua jam, atau pada beberapa kasus, bisa bertahan hingga dua hari. Banyak juga wanita yang rutin mengalami nyeri pada tengah perut yang berdurasi beberapa detik saja sepanjang siklus.

Tetapi, ada banyak penyebab sakit di area perut. Jika nyeri yang terasa tidak seperti biasanya, durasinya lebih panjang, atau Anda punya kekhawatiran sendiri, segeralah berkonsultasi dengan dokter, khususnya jika Anda mengalami:

  • Suhu tubuh meningkat 1?C di atas suhu normal dan kondisi ini bertahan lebih dari satu jam

  • Pusing atau ingin pingsan

  • Perdarahan dari vagina di luar waktu haid

  • Mual dan muntah berkepanjangan

  • Perut terasa bengkak

  • Sakit, merasa tidak nyaman saat berkemih

  • Ada darah pada urin atau feses

  • Sulit bernapas

Sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika nyeri yang Anda rasakan muncul bukan pada masa ovulasi, jika nyeri terasa lebih dari biasanya, atau tidak hilang setelah periode waktu tertentu.

Apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, Anda dapat melakukan hubungan intim saat ovulasi terjadi, sehingga kemungkinan hamil sangatlah besar. Namun masa subur Anda dapat dimulai dari 5 hari sebelum sampai dengan 1 hari setelah ovulasi. Pada saat ini kesempatan untuk hamil juga cukup besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar