Sukses

Merasa Mulut Berbau

02 Nov 2016, 00:00 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dear dokter. Saya merasa mulut saya bau sejak kecil, ini sgt membuat sy depresi, dan tidak nyaman saat berkomunimasi dgn org lain. Tapi setelah sya mencoba bertanya pda teman dekat, keluarga, bahkan dokter gigi semua berkata tidak ada bau apa2. Sya bingung dok, apakah ini ada kaitanya dgn masalah psikologis atau semacam phobia atau penyakit langka? Dan dimana sy harus berkonsultasi? Mohon bantuanya. Trims

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah Anda sedang mengalami masalah? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sedih? Stres dan kondisi psikis seseorang dapat sangat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stress) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, nyeri wajah, dan sebagainya. Mungkin pada kasus Anda, gangguan psikosomatis yang muncul adalah merasa mulut berbau. Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan-kegiatan positif  dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih yang Anda rasakan.

Pastikan dokter gigi Anda telah memeriksa apakah ada faktor penyebab bau mulut yang lokal dan sistemik dengan seksama. Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar