Sukses

Tanya Dong Dok
13 Jul 2016, 00:00 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok saya mau tanya.... Anak saya divonis alergi, dari ortu tidak ada riwayat alergi. Sblm 1th sya kasih susu khusus alergi setelah 1thn saya kasih susu morinaga soya. Setelah 2 bulan pemakaian nafas anak saya bunyi nggrok kyak org ngorok. Tapi tidak ada ruam atau mencret, tidurny juga tidak terganggu. Apa itu alergi atau tidak cocok susuny, mohon penjelasannya. Terimakasih....

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. 

Bunyi "grok" yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-paru bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.

Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas bayi sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan.

Anda dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada. Memang terdapat kemungkinan bunyi "grok" tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi.

 

Jika bunyi "grok" berlanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Kemungkinan yang lain dari adanya bunyi "grok" adalah adanya kelemahan pada trakea yang merupakan saluran pernafasan. Namun, seiring dengan pertambahan usia bayi Anda maka trakea akan menguat dan bunyi "grok" akan menghilang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar