Sukses

Batuk Kronis Pada Anak

14 Apr 2015, 00:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malem dok saya seorang ibu yang mempunyai anak berumur 1.6 Tahun..anak saya sering sekali terkena batuk pilek setiap bulan.biasanya sya kasi anak sya obat dari dokter spesialisnya batuknya lekas sembuh.tetapi sudah 2 bulan belakangan ini batuk anak sya tidak sembuh" dok.bulan kemarin batuknya sempat disertai demam..demamnya hilang datang..sekarang batuknya disertai pilek.pileknya sudah 2 harihari.batuknya berdahk.apakah batuk lama bisa menyebabkan infeksi dalam dok? Anak saya dri 0 bulan sampe 18 bulan imunisasinya lengkap dok..apakah imunisasi lengkap masih bisa terkena infeksi dok? Terimakasih

 
 
 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anak Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1. Alergi
    • dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  2. Asma
  3. Infeksi
    • Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  4. Bronkitis
    • radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru.

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan anak Anda mengunjungi Dokter Spesialis Anak atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Pastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat di kala udara dingin. Perhatikan pula keseimbangan asupan nutrisi anak.

Imunisasi yang dilakukan misal vaksin tuberkulosis (TBC) adalah untuk mencegah terjadinya infeksi TBC yang berat sehingga orang yang diimunisasi TBC masih saja mungkin dapat mengalami infeksi TBC namun kemungkinan untuk kena infeksi berat yang membahayakan lebih sedikit karena sudah divaksinasi. Sedangkan untuk influenza dapat menggunakan imunisasi influenza untuk mencegahnya.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar