Sukses

Suspek Hipertiroid

10 Apr 2015, 00:00 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, apa yang dimaksud dgn suspect hypertryroid ? Terimakasihc

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Suspek hipertiroid adalah suatu istilah yang digunakan bila dokter memperkirakan bahwa pasien yang sedang ditanganinya memiliki gejala yang mengarah pada penyakit hipertiroid. Penyakit hipertiroid adalah penyakit yang terjadi akibat kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang berlebihan dari normalnya. Agar diagnosis berubah menjadi pasti (bukan lagi suspek) maka harus dilakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid.

Berikut kami jelaskan mengenai tiroid. Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan. Fungsi utama kelenjar tiroid adalah mengeluarkan hormon yang membantu mengatur metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid adalah tiroksin (T4) dan tri-iodothyronine (T3). Kadar kedua hormon ini yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Keadaan yang terlalu tinggi dapat menimbulkan gejala berupa berdebar-debar, mudah berkeringat, tidak tahan udara panas, mudah emosi, mata menonjol, kadang disertai dengan pembesaran kelenjar di leher sebelah depan.

Secara umum untuk mengontrol tiroid dapat dilakukan dengan pemberian obat tiroid, terdapat dua macam obat yang umum dipakai yaitu methimazole dan PTU. Kadar homron tiroid Anda akan dipantau apakah sudah terjadi penurunan, jika demikian dosis obat dapat dipertimbangkan untuk diturunkan. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. Anda kami anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialis endokrinologi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar