Sukses

Tanya Dong Dok

12 Dec 2014, 00:00 WIB
Wanita, 2 tahun.

Anak saya 2 tahun sudah dari hari senin kemaren badannya panas. Hari selasa sore saya bawa ke RS Mitra Keluarga Waru dan didiagnosis dokter radang tenggorokan dan diberi 4 macam obat, salah satunya obat panas ibuprofen. Hari rabu siang sampai malem masih panas meski sudah agak turun, Hari kamis siang sudah tidak panas, tapi kamis malem agak panas lagi suhu 38,1 C. saya kuatir terkena DBD, kira-kira gejalanya apakah sama dengan gejala DBD? mohon bantuannya. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai Demam Berdarah. 

Demam berdarah merupakan suatu infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue. Ada 4 tipe virus dengue yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4. Penularan virus ini adalah melalui nyamuk aedes aegypti dan aedes albopticus. Oleh karena ada 4 tipe virus, maka dalam seumur hidupnya seseorang bisa menderita demam berdarah sebanyak 4 kali. 

Setiap virus dapat menyebabkan infeksi yang berbeda-beda pada tubuh, tipe virus tertentu terkadang tidak menimbulkan gejala dan tipe virus yang lain malah yang bisa menyebabkan DBD berat. Semua juga tergantung dari mekanisme pertahanan tubuh setiap orang. Dimana gejala dapat berbeda pada setiap orang.

Demam berdarah hanya berlangsung 7 - 8 hari, sebab sudah ada polanya. Untuk mendiagnosa penyakit demam berdarah ada beberapa kriteria : 

1. Dari gejala : demam akut (demam mendadak tinggi adalah ciri khas dari infeksi virus), pegal linu (nyeri sendi), nyeri kepala, badan lemas, dapat disertai mual, muntah, diare, nyeri perut. 

2. Dari pemeriksaan tubuh : ditemukannya petikiae yaitu bercak merah pada tubuh dimana bila ditekan, bercak merah tersebut tidak hilang. 

3. Dari hasil lab : Untuk mendiagnosa ini benar demam berdarah diperlukan pemeriksaan berupa NS1 (badan dari virus ) dimana NS 1 ini kebanyakan positif pada hari 1 - 3 demam. Pemeriksan IgM dan IgG dengue, yang muncul pada hari ketiga demam dan seterusnya.  

Kriteria seseorang untuk dirawat adalah bila trombosit dibawah 100.000. Pada demam berdarah juga dapat terjadi leukopenia ( jumlah sel darah putih yang turun), komponen lab yang penting lagi ada kadar hematokrit (kekentalan darah). Dimana kadar ini lah yang menentukan baik atau buruknya penyakit DBD. Bila terjadi kenaikan dari kekentalan darah maka sudah terjadi kebocoran cairan yang dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani.  

Terkait dengan pertanyaan Anda, kami tidak dapat mendiagnosa suatu penyakit tanpa adanya pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan wawancara medis secara detail, oleh karena itu jika demam kembali muncul di hari ke-4 kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter anak Anda, kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan penunjang tes darah untuk mengetahui apakah terdapat infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan demam pada anak Anda. Untuk sementara cukupi kebutuhan cairan tubuh anak Anda dengan asupan air putih minimal 1,5/L hari, cukup istirahat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan anak Anda lekas pulih.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar