Sukses

Tanya Dong Dok

20 Nov 2014, 00:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok,saya punya mslah dg mata sbelah knan. Dblik klopak mata bgn atas saya terdapat benjoln kecil. Dlu wkt sya brobat kpusksms,ktanya ada baktery yg msuk,sya dberi salep mta n obt mnum. Tp benjoln kcil itu tdk jg hilang. Kdg skt mta saya kmbuh lg. Reaksi mta trasa perih saat dpejmkan,n bengkak memerah dok.bgun tdr bengkakx sdkit besr,tp klo sudh sring dkedipkan akn berkurg. Klo dtekan sakit rasanya. Kira2 knp y dok? Apa pnyebbnya bs kmbuh lg? N apa ada obt alaminya. Terimksh dok. Oh y,sya trkna skit mta ini sktar 3 bln n sudh skitar 5 x kmbuhx.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk memastikan apa penyebab dari benjolan di kelopak mata Anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung.  Namun melihat gejala yang Anda gambarkan kemungkinan ini adalah hordeolum.  Hordeolum atau yang di Indonesia dikenal sebagai “bintitan”, adalah infeksi pada kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Biasanya hordeolum ini berisi nanah. 

Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk dapat mengeluarkan isi dari benjolan. Namun jika sifatnya kronis dan sudah lebih dari 4 bulan, maka perlu ditelusuri lebih lanjut. Jangan jangan benjolan tersebut bukan bintitan biasa.

Sebaiknya Anda selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, dan pastikan peralatan rias yang berhubungan dengan mata senantiasa bersih/steril. Bila Anda sedang mengalami hordeolum sebaiknya hindari penggunaan kosmetik mata hingga 1 bulan setelah penyembuhan.

Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah:

  1. Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan")

  2.  Xanthelasma (benjolan yang berupa kumpulan lemak pada kelopak mata)

  3. Kista epidermal (merupakan kista kecil yang timbul seringkali karena trauma/gesekan)

  4. Kista sebasea (merupakan kista yang sering timbul pada daerah kelopak mata atau daerah alis yang berambut karena sumbatan kelenjar sebasea atau kelenjar lainnya)

  5. Milia (benjolan kecil-kecil karena sumbatan pada saluran rambut-rambut halus)

  6. Kista sudorifera (merupakan kista kecil di daerah kelopak mata yang disebabkan karena sumbatan kelenjar keringat)

  7. Papiloma (pertumbuhan benjolan jinak yang sering terjadi di daerah mata)

  8. Nevus (dalam bahasa awam sering disebut dengan "tahi lalat")

Untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan penanganan yang sesuai, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis mata agar dilakukan pemeriksaan langsung dan Anda mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar