Sukses

Tanya Dong Dok

14 Nov 2014, 00:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

pagi dok,pertanyaan saya,suami setiap BAK warna urine nya kuning banget tapi tidak disertai nyeri,dan sudah minum air banyak,apakah itu berbahaya?dan apakah ada kaitannya dg pekerjaannya yg mengharuskan tiap hari duduk ditempat kerjanya,terima kasih

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Nyeri ketika BAK pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti anyang-anyangan? BAK berwarna kuning pekat bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kurangnya asupan cairan.

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mengetahui penyebab dari nyeri BAK yang Anda rasakan. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari nyeri BAK yang Anda alami.

Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)

  • Hindarilah kebiasaan menahan kemih

  • Jagalah kebersihan daerah kemaluan

  • Hindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar