Sukses

Tanya Dong Dok

14 Nov 2014, 00:00 WIB
Pria, 24 tahun.

Asslm Wr Wb. Dok saya mau bertanya, disaat umur saya yang sudah 24 tahun ini saya sering sekali terserang penyakit tampek yang selalu meninggalkan bekas berupa flak di daerah dada dan juga sering sekali terkena batuk dan flu yang biasanya bisa 1 bulan lamanya beum sembuh. Menjadi pertanyaan, normalkah sakit yang saya derita ini?? dan saya juga mempunyai riwayat mempunyai penyakit kanker kelenjar getah benng.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan? Bagaimana gejalanya, apakah bentol, kemerahan, gatal, luka? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Apakah ada pemicunya, seperti makanan, debu, suhu, pakaian, gigitan nyamuk? Keluhan gatal berulang bisa disebabkan oleh alergi. Sulit bagi kami mendiagnosis penyakit kulit hanya dengan informasi yang sangat terbatas. Kelainan kulit paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan fisik secara langsung, maka dari itu kami sarankan agar Anda berobat ke dokter spesialis kulit.

Mengenai keluhan batuk 1 bulan yang Anda rasakan, kami juga membutuhkan beberpa informasi. Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah ada riwayat asma/alergi/ maag? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Penyebab batuk bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)

  2.  Asma

  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus

  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 

  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Kami anjurkan pula Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan beristirahat yang cukup, mngkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang  Anda dapat mengkonsumi jeruk, lemon dan sumber vitamin C lainnya untuk mempercepat penyembuhan), minum air minimal 2 L per hari, hindari memakan gorengan dan berlemak serta stop merokok. Jika penyebabnya infeksi maka diperlukan antibiotik.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar