Sukses

Tanya Dong Dok

28 Oct 2014, 00:00 WIB
Pria, 2 tahun.

Dokter Yang Terhormat Anak saya berumur 2 Tahun, Mengidap PJB dan akan dilakukan Operasi Di RS. Harapan Kita Jakarta dan dijadwalkan pada tanggal 14 November 2014, Yang ingin saya tanyakan, 1. Adakah Pengaruh / Dampak Negatif yang timbul dari tindakan operasi tersebut. 2. Berapa Lama masa Perawatan yang diperlukan pasca operasi tersebut, mwngingat terbatasnya waktu cuti yang saya miliki. Mohon jawaban dan penjelasan dokter yang terhormat. Terima kasih Aswanto Bangka Belitung

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Kami turut prihatin atas kondisi anak Anda. Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah penyakit jantung yang didapatkan sejak kecil akibat defek/ kelainan pada jantung. PJB ini dapat diketahui pada saat lahir, masa anak-anak, atau dewasa. Penelitian membuktikan bahwa mutasi genetik, faktor lingkungan, infeksi saat kehamilan, dan keracunan dapat menyebabkan atau berperan di dalam gangguan pembentukan jantung. Meskipun begitu, terdapat beberapa kelainan bawaan yang tidak diketahui penyebabnya. Ada beberapa jenis jantung bawaan seperti PDA, ASD, VSD, tetrallogy of fallot (TOF), TGA, dll. 

Apakah Anda mengetahui jenis penyakit jantung bawaan yang dialami anak Anda? Apakah ada keluhan biru dan sesak napas pada anak Anda? Berapa usia anak Anda saat ini?

Sebagian besar terapi untuk penyakit jantung bawaan memang dengan operasi. Operasi tersebut bertujuan untuk menyembuhkan atau mengurangi gejala dan memperbaiki kualitas hidup. Misalnya pada kasus ventricular septal defect (VSD) terjadi kebocoran antara ruang jantung yang jika tidak ditutup dengan operasi maka dapat berbahaya karena akan menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung.

Mengenai masa perawatan dapat berbeda-beda tergantung derajat keparahan penyakit jantung bawaan yang Anda alami.

Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis jantung untuk rencana terapi selanjutnya.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai penyakit jantung bawaan:

Penyakit Jantung Bawaan

Patent Ductus Arteriosus (PDA)

Atrial Septal Defect

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam

Tim Redaksi Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar