Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, beberapa minggu lalu saya sakit typus, istirahat 5 hari, sekarang sudah sembuh, tapi saya radang tenggorokan, termasuk sering saya terkena radang tenggorokan, apakah masih ada virus typus di dlm badan saya dok? Bgmn cara pencegahannya. Mohon penjelasannya. Terima kasih. (Pria, 44 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Radang tenggorokan yang Anda alami dan tifus merupakan dua penyakit yang berbeda. Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh virus (40-60%) yang biasanya sembuh dengan sendirinya. Keadaan ini sering terjadi saat daya tahan tubuh sedang menurun. Penyebab lainnya adalah bakteri (15%), yang umumnya memerlukan pengobatan dengan antibiotik (resep dokter).

Frekuensi kejadian radang tenggorokan bervariasi setiap individu, dipengaruhi oleh daya tahan tubuh (virus) dan kebersihan makanannya (umumnya bakteri).Pencegahannya adalah dengan menjaga stamina Anda dalam kondisi prima dan memperhatikan kebersihan makanan Anda. Hindari kebiasaan terlalu sering mengonsumsi makanan berbumbu dan minuman yang bersifat asam atau soda yang dapat mengiritasi tenggorokan Anda.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar